Saturday, May 16, 2009

BERUNTUNGLAH SEORANG LELAKI MEMILIH ISTERI JIKALAU MENGIKUT NASIHAT RASULLULLAH

A. PEGANGAN AGAMA YANG KUAT
Rasulullah SAW bersabda :

1. “Perempuan itu dikawini atas empat perkara, yaitu: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, atau karena agamanya. Akan tetapi, pilihlah berdasarkan agamanya agar dirimu selamat.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

2. Hadits tersebut memberikan gambaran mengenai kriteria-kriteria untuk dipertimbangkan oleh seorang lelaki dalam memilih seorang perempuan sebagai isterinya. 4 kriteria yang dinyatakan dalam Hadith tersebut adalah kecantikan, keturunan, kekayaan, dan agamanya. Bagi orang yang mengutamakan kriteria agama, maka dijamin oleh Allah SWT akan memperoleh kebahagiaan dalam berkeluarga.

3. Dalam memilih seorang perempuan untuk dijadikan isteri, perkara yang utama diambil kira ialah menilai ketaatannya dalam beragama seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam Hadits di atas. Tanda utama seseorang dikatakan taat beragama iaitu bila ia dapat melaksanakan kesemua perkara dalam rukun Iman dan Islam.

B. YANG PENYABAR

Allah berfirman dalam Q.S. At-Tahriim ayat 11:

4. “Allah menjadikan isteri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman ketika ia berkata: ‘Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam syura; dan selamatkanlaj aku dari Fir’aun dan perbuatannya; dan selamatkanlah aku dari kaum yang dzalim’”.

5. Sabar dalam bahasa Arab bermaksud berlapang dada ketika menerima kepahitan, kesulitan dan rintangan tanpa keluh kesah dan bermurung. Bila seseorang mengeluh dan membebel ketika menghadapi kesulitan, moody dan marah menghadapi rintangan. Mereka ini bukan dalam golongan orang yang bersabar.

6. Isteri yang sabar bukan sahaja memberikan semangat dan dorongan hidup kepada suaminya dalam menghadapi segala macam tantangan dan rintangan, ia juga dapat menjaga kehormatan suami di hadapan anak-anak dan orang lain. Isteri yang sabar tidak akan manceritakan sikap buruk suami kepada anak-anaknya, karena ia tidak ingin melibatkan anak-anaknya dalam persoalan yang tengah dihadapinya.
7. Sebaliknya, ia selalu memuji akhlaq suaminya di hadapan anak dan orang tuanya. Sikap semacam ini akan menciptakan hubungan mesra dalam rumah tangga karena anak-anak selalu menaruh hormat kepada bapaknya.
C. TIDAK MEMINTA CERAI DAN TIDAK BERSOLEK BILA KELUAR RUMAH

Disebutkan dalam Hadits berikut:

8. “Wanita-wanita yang gemar minta cerai dan wanita-wanita pesolek (di luar rumah) adalah wanita-wanita munafik”. (H.R. Abu Nu’aim)

9. Maksud Hadits di atas ialah perempuan yang suka bersolek ketika keluar rumah adalah perempuan munafik. Orang munafik perkataannya tidak bisa dipercaya, janjinya tidak bisa dipegang dan kejujurannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.
10. Oleh karena itu, perempuan yang suka bersolek ketika keluar rumah berarti memiliki sifat-sifat buruk. Sifat perempuan dalam menampilkan dirinya macam-macam. Ada perempuan yang suka bersolek, ia dapat mempamerkan dirinya dengan baik sehingga terlihat cantik dan kekurangannya tertutupi. Tindakannya bertujuan untuk menawan hati orang lain, terutama lawan jenisnya.
11. Perempuan semacam ini disebut munafik karena selalu berpura-pura dalam menampilkan dirinya dan menyembunyikan keadaan sesungguhnya.

12. Selain itu,ada perempuan yang tampil apa adanya, ia tidak mau mengenakan macam alat kecantikan. Ia selalu menampakkan dirinya dengan polos, tetapi memperlihatkan budi pekerti yang baik dan akhlaq yang terpuji. Ia berpakaian sederhana apa adanya. Perempuan semacam ini lebih mengutamakan kecantikan dan keindahan batin daripada keindahan lahirnya.


D. MEMELIHARA LIDAHNYA

Disebutkan dalam Hadits berikut:

13. “Tiga hal keberuntungan yaitu: isteri yang shalih; kalau engkau lihat, menyenangkanmu; dan kalau engkau pergi, engkau merasa percaya bahwa ia dapat menjaga dirinya dan hartamu; kuda penurut lagi cepat larinya, yang dapat membawamu menyusul teman-temanmu; dan rumah besar yang banyak didatangi tamu. Tiga hal kesialan yaitu: isteri yang kalau engkau lihat, menjengkelkanmu, ucapannya menyakiti kamu, dan kalau engkau pergi, engkau merasa tidak percaya bahwa ia dapat menjaga dirinya dan hartamu; kuda yang lemah; jika engkau pukul, bahkan menyusahkanmu; dan kalau engkau biarkan, malah tidak dapat membawamu menyusul teman-temanmu; serta rumah yang sempit lagi jarang didatangi tamu.” (H.R. Ahmad. Hadits yang semakna dengan ini riwayat oleh Thabarani Bazzar dan Hakim)

14. Maksud Hadits di atas ialah tiga macam hal yang menjadi penunjang kebahagiaan hidup di dunia yaitu istri yang shalihah, kendaraan yang bagus, dan rumah besar yang banyak dikunjungi tamu.

15. Perangai menyenangkan merupakan sifat yang membuat orang lain simpati dan gampang bersahabat. Orang yang berperangai menyenangkan terlihat dari ekspresi wajah dan gerak-geriknya. Wajahnya selalu riang gembira menghadapi orang lain dan sikapnya ramah dalam menerima orang lain. Orang yang memiliki sifat dan sikap semacam ini akan membuat senang setiap orang yang berhadapan dengan dirinya.

16. Seorang laki-laki yang ingin beristeri tentulah mengharapkan perempuan yang diidolakannya itu benar-benar dapat menjadikan dirinya selalu berada dalam suasana ceria dab bahagia. Untuk mencapai hal ini, sebelum seorang laki-laki menjatuhkan pilihan kepada seorang perempuan untuk dijadikan sebagai istrinya, ia perlu meneliti apakah yang bersangkutan suka bertutur kata dan berperangai menyenangkan atau tidak.

17. Hal ini perlu dilakukan sebab dalam kehidupan rumah tangga orang selalu mendambakan suasana senang bagaikan di dalam syurga walaupun tengah menghadapi krisis ekonomi atau ketiadaan harta. Suasana yang penuh ceria di dalam rumah tangga akan memberikan dorongan kuat kepada anggota keluarga menghadapi berbagai kesulitan dan krisis. Suasana semacam ini membuat anggota keluarganya bisa mengatasi berbagai tantangan hidup.
SEKIRANYA KITA MENIKAHI SESEORANG WANITA ITU KERANA KETAATANNYA KEPADA PERINTAH ALLAH MAKA BERUNTUNGLAH KITA DALAM MELAYARI KEHIDUPAN DI DUNIA INI DAN KITA AKAN MERASAI KENIKMATAN SYURGA DI DUNIA.
PADA MASA INI RAMAI ISTERI YANG ENGKAR DAN DERHAKA KEPADA SUAMINYA ATAS ALASAN MEREKA SENDIRI.
ADA ISTERI YANG MEMBERI SYARAT SEKIRANY DIA DIMINTA MEMAKAI HIJAB MAKA SUAMINYA MESTI BERHENTI MENGHISAP ROKOK..
SEDANGKAN SEGALA KEWAJIPAN BELIAU SEBAGAI ISTERI TERHADAP SUAMINYA SEPERTI MEMASAK MAKANAN, MEMBUAT MINUMAN, MENYEDIAKAN PAKAIAN DAN SEBAGAINYA DISERAHKAN KEPADA PEMBANTU RUMAH..
ADA ISTERI YANG BERANI BERTEKAK DENGAN SUAMINYA SEKIRANYA KEHENDAK MEREKA TIDAK DITURUTI..
ADA ISTERI YANG TIDAK MENGIKUTI NASIHAT SUAMI TETAPI MEMPERCAYAI BULAT-BULAT NASIHAT RAKAN SEKERJA ATAU JIRAN MEREKA...
ADA ISTERI YANG SANGGUP BERPARANG KALAU SUAMI BERKAHWIN LAIN TETAPI TIDAK MELAYAN TUNTUTAN NAFSU SUAMINYA ATAS PELBAGAI ALASAN..
ADA ISTERI YANG TIDAK PERNAH ATAU SUKAR MENGUCAPKAN TERIMA KASIH ATAS SUMBANGAN DAN PENGORBANAN SUAMINYA KEPADA ISTERI DAN ANAK-ANAK SERTA KELUARGA...
SESUNGGUHNYA BAGI MANA-MANA LELAKI YANG MASIH MENCARI CALON ISTERI, PILIHLAH WANITA YANG DISEBUT DI ATAS DAN PERCAYALAH KECANTIKAN AKAN HLANG MENGIKUT PENINGKATAN USIA TETAPI BUDI PERKERTI TIDAK AKAN SUSUT WALAUPUN DIMAMAH USIA...
PILIHLAH MENGIKUT PESANAN RASULLULLAH BUKANYA NAFSU
SALAM

No comments: